SOAL
1. Sebutkan definisi:
a) distribusi frekwensi
b) frekwensi
2. Sebutkan singkatan dari TDF
3. Gambarkan bentuk umum TDF
4. Pada contoh 1 (list usia),
a) ada berapa banyak data? (n =?)
b) Berapa nilai data terkecil? Dan berapa nilai data terbesar?
c) berapa range (selisih nilai data terbesar dengan data terkecil)?
5. Dari contoh 1 dibangun 3 TDF.
-TDF 1 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 2 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 3 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
6. Sebutkan prinsip pembentukkan Tabel Distribusi Frekwensi
7. Penentuan Banyak Kelas dan Interval Kelas
a) Sebutkan rumus menentukan banyaknya kelas yang ideal
b) Sebutkan rumus menentukan interval kelas yang ideal
8. a) Berapa banyak kelas ideal pada list usia contoh 1 bila menggunakan fungsi ceiling, dan berapa interval kelas idealnya?
b) Berapa banyak kelas ideal pada list usia contoh 1 bila menggunakan fungsi floor, dan berapa interval kelas idealnya?
9. a) Buatlah Tabel Distribusi Frekwensi Relatif dari TDF 3
b) b.1. Buatlah Tabel Distribusi Frekwensi Kumulatif (TDFK) kurang dari (<) pada
TDF3
b.2 Buatlah Tabel Distribusi Frekwensi Kumulatif (TDFK) lebih dari (>)
pada TDF3
JAWAB
1. a.) Distribusi Frekwensi : Pengelompokkan data dalam beberapa kelas sehingga ciri-ciri penting data tersebut dapat segera terlihat.
n : banyaknya data
fi : frekuensi pada kelas ke-i
4. a.) n = 50
b.) nilai data terkecil = 16 ; nilai data terbesar = 63
c.) range : 63 - 16= 47
5. a.) TFD 1 = 5 kelas ; interval = 11
b.) TFD 2 = 6 kelas ; interval = 8
c.) TFD 3 = 7 kelas ; interval = 7
6. a.) Tentukan banyaknya kelas Jangan terlalu banyak/sedikit
b.) Tentukan interval/selang kelas Semua data harus bisa dimasukkan dalam kelas-kelas TDF, tidak ada yang tertinggal dan satu data hanya dapat dimasukkan ke dalam satu kelas, tidak terjadi OVERLAPPING.
c.) Sorting data, lazimnya Ascending: mulai dari nilai terkecil (minimal), agar range data diketahui dan Mempermudah penghitungan frekuensi tiap kelas. Range : Selisih nilai terbesar dengan terkecil.
7. a.) Rumus menentukan banyaknya kelas :
Aturan Sturges : pembulatan ke atas atau ke bawah (celling / floor)
k = 1 + 3.322 log n
k = banyak kelas ; n = banyak data
b.) Rumus menentukan interval :
i = r/k i = interval kelas ; k = banyak kelas ; r = range data
8. a.) k = 1 + 3.322 log 50
k = 1 + 3.322 (1.6989...)
k = 1 + 5.6439..
k = 6.6439
dengan ceiling, maka k = 7
b.) i = r/k
i = 47/6
i = 7.8333
i = 8
k = 1 + 3.322 log 50
k = 1 + 3.322 (1.6989...)
k = 1 + 5.6439...
k = 6.6439
dengan floor, maka k = 6
i = r/k
i = 47/6
i = 7.8333
i = 8
fi : frekuensi pada kelas ke-i
4. a.) n = 50
b.) nilai data terkecil = 16 ; nilai data terbesar = 63
c.) range : 63 - 16= 47
5. a.) TFD 1 = 5 kelas ; interval = 11
b.) TFD 2 = 6 kelas ; interval = 8
c.) TFD 3 = 7 kelas ; interval = 7
6. a.) Tentukan banyaknya kelas Jangan terlalu banyak/sedikit
b.) Tentukan interval/selang kelas Semua data harus bisa dimasukkan dalam kelas-kelas TDF, tidak ada yang tertinggal dan satu data hanya dapat dimasukkan ke dalam satu kelas, tidak terjadi OVERLAPPING.
c.) Sorting data, lazimnya Ascending: mulai dari nilai terkecil (minimal), agar range data diketahui dan Mempermudah penghitungan frekuensi tiap kelas. Range : Selisih nilai terbesar dengan terkecil.
7. a.) Rumus menentukan banyaknya kelas :
Aturan Sturges : pembulatan ke atas atau ke bawah (celling / floor)
k = 1 + 3.322 log n
k = banyak kelas ; n = banyak data
b.) Rumus menentukan interval :
i = r/k i = interval kelas ; k = banyak kelas ; r = range data
8. a.) k = 1 + 3.322 log 50
k = 1 + 3.322 (1.6989...)
k = 1 + 5.6439..
k = 6.6439
dengan ceiling, maka k = 7
b.) i = r/k
i = 47/6
i = 7.8333
i = 8
k = 1 + 3.322 log 50
k = 1 + 3.322 (1.6989...)
k = 1 + 5.6439...
k = 6.6439
dengan floor, maka k = 6
i = r/k
i = 47/6
i = 7.8333
i = 8
9.
0 Komentar Anda:
Posting Komentar